Sunday 15 March 2009

Membuat Blog di Blogspot

SEBAGAI orang awam, jangankan Anda yang baru mendengar istilah “blog-blogan”, saya sendiri yang sudah beberapa tahun menjadi blogger masih bingung cara menjelaskan secara pasti apa yang dimaksud blog itu. Apa yang saya ingat adalah blog pertama yang saya buat diisi dengan photo-photo yang mewakili perasaan yang saya rasakan Dengan kata lain, awal mula saya tertarik membuat blog adalah sebagai tempat menaruh photo, curhat, sebagai diary, atau jurnal harian.

1. Penertian Blog
Pada awalnya, kata blog dipakai sebagai kependekan dari weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Berger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Kata blog berasal dari kependekan weblog. Menjadi penulis blog, mengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada disebut “blogging”. Artikel pribadi didalam blog disebut sebagai “blog post”, “post”, atau “entries”. Seseorang yang memasukkan tulisan ini disebut “blogger”. Sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar, dan link (link ke web lain atau video, audio, dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi bergaya konversasional. Seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia. Beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian definisi blog menurut http://www.wikipedia.org/.


2. Cara membuat Blog di Blogspot.
Untuk membuat sebuah blog kita harus memiliki sebuah email baru kita dapat membuat sebuah blog. Email yang di miliki sebaiknya email dari goolge atau gmail (www.gmail.com). Tapi kalo membunyai email lain juga bisa.

Apabila sudah memiliki email baru kita bisa membuat blog dengan mendaftarkan diri kita pada blogger.com

Klik disini untuk memulai membuat blog di blogger.com


ciptakan blog sekarang juga


Setelah anda berada pada situs blogger.com, anda akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "

  2. Isilah Alamat Email dengan alamat email anda (tentunya yang valid)

  3. Isikan kembali alamat email anda tadi pada form Ketik ulang alamat email

  4. Tuliskan password yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah password

  5. Isikan kembali password anda tadi pada form Keyik ulang sandi (password)

  6. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin anda tampilkan

  7. Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.

  8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"

  9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog

  10. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)

  11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".

  12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"

  13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di iptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".

3. Isi (Content) blog :

Bagi para pemula, biasanya mereka bingung setelah daftar membuat blog apa yang harus di isi (diposting) dalam sebuah blog. Isi (content) dari sebuah blog tentu saja terserah kepadasi pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi puisi, perjalan hidup, teknik, ataupun apa saja. Nah di sini saya menyarankan, isilah blog anda tersebut dengan minat ataupun hoby serta keahlian anda sendiri, karena tentu saja di luar sana banyak sekali orang yang tentunya sama minat dan hoby nya dengan anda, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan anda.

terima kasih dan selamat mencoba

regards,
Muhamad Faisal Lubis

------------------------
referensi: Kang Rohman

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Give a comment please....

Muhamad Faisal Lubis © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO